ss_blog_claim=6853e64dae9fcd8425790b711998bf08

Amazing Fire Illusion

Debet Lewat EDC Permata  

Selasa, 25 Maret 2008

Pada 1 Maret 2008 saya belanja di Mitra 10 Percetakan Negara, Jakarta, sebesar Rp. 242,515.- Saat itu saya membayar dengan menggunakan kartu debet (Visa Electron) Bank Mega. Ketika kartu debet digesek pada electronic data capture (EDC) Bank Permata dan berhasil keluar struk belanja (no term: 01890167, trace no 001260, APPR Code: 043958 dengan nominal Rp. 242,515.-)
Namun alangkah terkejutnya saya karena setelah tiba dirumah saya melihat bahwa transaksi belanja menggunakan Visa Electron tersebut dan dilakukan dengan cara yang tidak jujur oleh Bank Permata. Transaksi dilakukan dengan menggunakan metode transfer antar bank, seperti melalui fasilitas jaringan ATM Bersama.
Sebagai nasabah saya merasa dirugikan karena seharusnya transaksi tersebut adalah merchant pament (Visa Electron) dan tidak dikenakan biaya. Yang terjadi, saya dikenakan biaya transfer sebesar Rp. 5,000.- dengan mendebet saldo pada rekening tabungan saya. Bukan masalah nominal yang hanya Rp. 5,000.- tetapi harus diungkapkan soal kejujuran Bank Permata. Kalau memang transaksi pembayaran pada EDC Bank Permata di Mitra 10 adalah transaksi transfer antarbank, agar bisa dijelaskan terlebih dahulu sebelum digesek supaya pelanggan tidak merasa tertipu.
Sepengetahuan saya transaksi transfer antarbank harus menggunakan PIN kartu ATM dan juga nasabah harus memasukkan daftar kode bank dan rekening tujuan transfer. Bukan dilakukan secara otomatis dan tanpa sepengetahuan dari pemilik rekening. Seharusnya Bank Permata lebih profesional dalam mencari keuntungan, bukan dengan melakukan hal yang tidak semestinya.
Pihak Mitra 10 agar lebih waspada dalam melakukan kerjasama dengan pihak bank menggunakan EDC supaya pelanggan tidak dirugikan. Saya berharap masyarakat agar lebih hati-hati menggesek kartu debet pada EDC Bank Permata.

Royke Sumual
Jalan Enim, Tanjung Priok, Jakarta
(Sumber: Kompas, Selasa 25 Maret 2008)

AddThis Social Bookmark Button
Email this post


Contact me, martant21